Minggu, 16 September 2012

Minum Kopi Tingkatkan Risiko Rheumatoid Arthritis



Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of the Rheumatic Diseases edisi pekan ini, menunjukkan peminum kopi meningkat risikonya terkena rheumatoid arthritis (radang sendi). Demikian siaran pers British Medical Association, pekan ini.

Kopi sebabkan radang sendi?

Hubungan antara minum kopi dan munculnya indikator kuat sebagai petanda berkembangnya faktor rematik jenis rheumatoid arthritis disimpulkan dari survei silang pada kurang lebih 7.000 orang dan 19.000 lainnya secara terpisah. Mereka dipantau selama 15 tahun. Tidak seorang pun menunjukkan menderita rheumatoid arthritis ketika awal mengikuti survei.

Jumlah kopi yang diminum setiap hari berhubungan erat dengan faktor rematik. Dalam studi kedua (19.000 orang), mereka yang meminum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari, meningkat risikonya dua kali lipat dibandingkan mereka yang meminum kopi lebih sedikit.

Hasil penelitian itu masih tetap sah setelah disesuaikan dengan faktor risiko lainnya seperti umur, jenis kelamin, merokok-tidak merokok, dan berat badan. Mereka yang meminum 11 cangkir kopi atau lebih setiap hari, risikonya terkena rheumatoid arthritis meningkat 15 kali lipat dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Para peneliti, antara lain Dr Markku Heliovaara dari National Public Health Institute, Helsinki, Finlandia, berkesimpulan ada senyawa yang tidak dikenal dalam kopi yang tidak tersaring, mungkin memicu faktor rheumatoid arthritis bertahun-tahun kemudian. Jika faktor tersebut muncul, berarti konsekuensi rheumatoid arthritispun meningkat. (harry surjadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar